edisjonet
Headlines News :
Home » » PROSES LAHIR NYA SWAMI DAN KANTATA TAKWA

PROSES LAHIR NYA SWAMI DAN KANTATA TAKWA

Written By Edisjoe.NET on Minggu, 02 Juni 2013 | 22.08

   di tengah polemik yg semakin kompleks pada perjalanan karir iwan fals, ada sedikit cahaya terang ketika semua masalah gagal di hadapi nya sendiri. iwan sedikit berfikir dalam posisi orang yg tersingkirkan dari panggung musik. iwan mulai tertarik dengan teater.
hal ini di karenakan pencekalan tour 100 kota nya sehingga ia berada di bengkel teater WS.RENDRA.di cipayung jaya,depok bogor. di sana banyak sekali ruang eksprsi dalam berkesenian.
di samping itu,iwan adalah salah satu pengagum WS.RENDRA. disana dia bertemu dgn sawung jabo,inisisri,toto tewel,cok rampal dan personil lain sehingga terbentuklah SWAMI.
   iwan sering bertukar fikiran dgn mereka, sebagai media transformasi pemikiran dalam kebudayaan untuk menambah wawasan dan berkarya, maka lahirlah kelompok SWAMI, kelompok yg nama nya di ambil dari keadaan personil nya yg berstatus sebagai suami dari masing2 istri nya.
adapun personil SWAMI adalah IWAN FALS (vokal), SAWUNG JABO (gitar akustik/backing vokal), NANIEL (flute recorder), INISISRI (drum/perkusi), selain itu mereka di bantu oleh TATES (keyboard) dan JERRY (gitar elektrik). maka beredarlah album SWAMI yg pertama tahun 1989. dengan tembang hits nya BENTO dan BONGKAR.
  tak berselang lama setelah album pertama SWAMI keluar, mereka langsung mengadakan tour 5 kota.
tour pertama di adakan di topaz musik lounge jakarta, di saksikan puluhan wartawan sambil memperkenalkan lagu bongkar dan bento. tour ini di sponsori oleh SETYAWAN DJODI dan WS.RENDRA.
album swami sendiri sempat terkena cekal oleh pemerintahan SOEHARTO

(orde baru) ketika terjual sampai 1 juta copy.
  tahun 1989 kelompok sempalan SWAMI yg di tambah dgn WS .RENDRA dan SETYAWAN DJODI, melakukan workshop selama enam bulan di rumah SETYAWAN DJODI, yg melahirkan kelompok musik KANTATA TAKWA. personil kelompok ini adalah tokoh2 kharismatik di bidang nya masing2, yaitu : IWAN FALS dan SAWUNG JABO (pencipta lagu / penyanyi ) , SETYAWAN DJODI (pengusaha), WS.RENDRA (sastrawan), JOCKY SURYOPRAYOGO (arranger / keyboard), DONNY FATAH (bassis), dan INISISRI (drumer / perkusi).
   hasil dari workshop KANTATA TAKWA tersebut adalah album "KANTATA TAKWA" yang di rilis tahun1990. sebuah album yg berawal dari kegelisahan dan diskusi panjang SETYAWAN DJODY, WS.RENDRA, IWAN FALS, SAWUNG JABO, JOCKY SURYOPRAYOGO, tentang fenomena yg terjadi pada bangsa ini, tentang nilai nilai, norma norma, nasionalisme, patriotisme, bermasyarakat sampai ber agama.
Share this post :

+ komentar + 4 komentar

23 Mei 2014 pukul 09.07

kapan personil kantata menyuarakan suaranya dalam satu panggung seperti dulu ...
aku tunggu bang iwan
by oi

24 April 2017 pukul 07.56

BETUL ITU....SY SE7 DGN PRABU BARCA

24 April 2018 pukul 01.10

MAU BERTANYA, SEBELUM DONNY FATTAH ADA LAGI SEORANG BASSIST NYA GRUP BANDNYA BANG IWAN FALS INI, SIAPA YA NAMANYA? SY BROWSING2 TIDAK MENEMUKAN.

TERIMA KASIH

21 November 2018 pukul 20.06

Mas Hairie Bukhaerie, mungkin beliau yang anda maksud

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. edisjoenet ORANG INDONESIA - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger